Iklan atau dalam bahasa Indonesia formalnya pariwara
adalah promosi benda seperti barang, jasa, tempat usaha, dan ide yang harus
dibayar oleh sebuah sponsor. Manajemen pemasaran melihat iklan sebagai bagian
dari strategi promosi secara keseluruhan. Komponen lainnya dari promosi
termasuk publisitas, hubungan masyarakat, penjualan, dan promosi penjualan.
Iklan juga dapat diartikan pemberitahuan kepada
khalayak mengenai barang atau jasa yang dijual, dipasang di dalam media massa
seperti surat kabar dan majalah atau di tempat-tempat umum. Ada bermacam-macam
jenis iklan, misalnya iklan baris, iklan kolom, dan iklan keluarga.
Iklan dapat kita temukan di media cetak (koran
majalah, buletin) maupun di media elektronika (radio televisi). Hampir semua
koran atau majalah menyediakan ruang untuk memuat iklan. Setiap hari ada saja
orang, lembaga, atau perusahaan yang memasang iklan untuk berbagai keperluan.
Dengan demikian setiap hari kita akan dapat menemukan informasi baru berupa penawaran
produk, jasa, lowongan kerja atau informasi yang lain dalam kolom iklan.
Hal ini sebagai indikator bahwa komunikasi antara
pemasang iklan dengan pelanggan atau dengan pembaca dapat dijalin melalui media
iklan. Oleh sebab itulah dalam pembelajaran berikut ini kamu akan diajak untuk
mencermati fakta dan opini yang terdapat dalam iklan.
Menemukan
Fakta dan Opini yang Terdapat dalam Teks
Iklan
Amati dengan saksama teks iklan baris berikut!
RUMAH DIJUAL-BODETABEK
Dijual Cepat Rumah type 48/90 di perumahan Kota Wisata
– Cluster
Montreal Blok YA 15 No 15. Bebas Banjir, Kondisi
standard dan bagus.
Harga 220 jt nego. Hubungi (021) 82482136,
081288731588 (Farah)
Sumber: Kompas, 3 Maret 2007
Dalam teks iklan di atas terdapat informasi yang
berupa fakta dan berupa opini. Dikatakan sebagai fakta apabila informasi itu
berupa sesuatu yang benar-benar ada, benar-benar terjadi atau memang
kenyataannya seperti itu. Selain itu kebenaran informasi yang berupa fakta
tidak diragukan lagi. Fakta merupakan sesuatu yang sudah terjadi.
Sebaliknya sesuatu dikatakan opini atau pendapat
apabila informasi dalam iklan itu merupakan ide, gagasan, pendapat, pemikiran
atau penawaran untuk mempengaruhi pembaca.
Dalam
iklan 1 dapat kita temukan fakta sebagai berikut:
a. tipe rumah yang dijual 48/90
b. terletak di perumahan Kota Wisata – cluster
Montreal Blok YA 15 nomor 15,
c. nomor telepon (021) 82482136, 081288731588.
Informasi
yang berupa opini adalah:
a. menurut pemasang iklan lokasi perumahan itu bebas
banjir (ide pemasang iklan untuk memengaruhi pembeli).
b. kondisi standar dan masih bagus (ukuran standar dan
bagus tidak jelas, kebenarannya perlu dibuktikan)
c. ditawarkan dengan harga 220 juta nego (pemikiran).
Daftar Pustaka
1. Elly,
Fakta dan Opini dalam Teks Iklan, https://maselly2000.wordpress.com/bhs-indonesia-ix/pelajaran-1/fakta-dan-opini-dalam-teks-ikla/
, 10 Maret 2016, 19:59.
2. https://id.wikipedia.org/wiki/Iklan
, 10 Maret 2016, 20:18.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar